Telp / WA : 0815 804 7680

Penerapan dan Manfaat OHSAS 18001

OHSAS (Occiso-18001upational Health and Safety Assessment Series) 18001, merupakan sebuah standar dalam skala internasional tentang bagaimana menerapkan sistem manajemen kesehatan dan juga keselamatan kerja. Tujuan dari OHSAS 18001 ini sendiri tidak jauh berbeda dengan tujuan Sistem Manajemen K3 Permenaker, yaitu Perlindungan terhadap para pekerja dari

OHSAS 18001 sangat penting khususnya bagi industri yang memiliki risiko kerja yang sangat besar. Untuk itu, sangat wajib dimiliki oleh perusahaan minyak, kontraktor, engineering dll. Standar OHSAS memiliki beberapa komponen utama yang harus dipenuhi oleh perusahaan dalam penerepannya antara lain:

  1. Adanya komitmen dari semua manajemen perusahaan tentang Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
  2. Adanya perncanaan/analisa tentang program-program Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam perusahaan.
  3. Melakukan implementasi/penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam perusahaan itu sendiri
  4. Melakukan Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di perusahaan
  5. Melakukan review dari manajemen perusahaan tentang kebijakan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk dipraktekkan dalam semua kegiatan perusahaan secara berkesinambungan.

Beberapa tahapan Implementasi dan Persiapan OHSAS 18001, antara lain:

  1. Identifikasi
    Merupakan satu tahap awal yang dilakukan dalam melihat apakah sebuah sistem dan fasilitas kesehatan yang ada di dalamnya memang sudah terpenuhi dan selanjutnya dapat menjamin semua yang berhubungan dengan keselamatan kerja.
  2. Persiapan dan Penerapan
    Setelah melakukan identifikasi secara menyeluruh, barulah selanjutnya melakukan persiapan dalam memulai bagaimana prosedur keselamatan kerja. Dan sekaligus juga menerapkannya secara perlahan pada seluruh aspek sebuah perusahaan ataupun industri terkait.
  3. Melakukan Penilaian
    Penilaian ini sebagai tolak ukur yang sangat tepat, apakah nantinya sebuah sertifikasi OHSAS 18001 memang layak untuk diperoleh.

Manfaat dari mengimplementasikan OHSAS bagi perusahaan:

  1. Melindungi pekerja
    Tujuan utama penerapan SMK3 adalah melindungi pekerja dari segala macam bahaya kerja dan juga yang bisa menganggu kesehatan saat kerja. Dengan melindungi pekerja dengan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja maka perusahaan otomatis akan untung karena meningkatkan produktivitas pekerja
  2. Mematuhi peraturan pemerintah
    Dengan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja maka perusahaan telah mematuhi peraturan pemerintah Indonesia. Perusahaan yang tidak melaksanakan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja akan diberikan sangsi oleh pemerintah karena dianggap lalai dalam melindungi pekerja.
  3. Meningkatkan kepercayaan konsumen
    Dengan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja secara otomatis akan membuat kepercayaan konsumen. Ketika perusahaan sudah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam memproduksi suatu produk, konsumen bisa meyakini prosedur telah bagus dan produksi bisa kontinu. Dengan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja akan dapat menjamin proses yang aman, tertib dan bersih sehingga bisa meningkatkan kualitas dan mengurangi produk cacat.
  4. Membuat system manajemen efektif
    Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja tidak jauh beda dengan ISO dimana semua tindakan terdokumentasi dengan baik, dengan adanya dokumen yang lengkap memudahkan melakukan tindakan perbaikan jika ada alur kerja yang tidak sesuai.

 

PT INSPIRASI PERSADA Melayani Jasa Sertifikasi ISO, Konsultan ISO, ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, HACCP/ISO 22000, ISO 18001, ISO 27001, ISO 50001, ISO/TS 16949, SMK3, Konsultan ISO Jakarta, Konsultan Jakarta, Outbound Specialist, Outbound Specialist Jakarta, EO Outbound, EO Outbound Jakarta, Family Gathering, Family Gathering Jakarta, EO Jakarta, TEAM Building, Team Building Jakarta,Character Building, Outing, Human Resources Management, Manajemen Strategi & Oprasi, SDM, SOP, Internal Audit Jakarta, KAIZEN, Jasa Konsultan,  Sistem Manajemen Mutu, People Development